3.16.2008

RANGKAIAN - RANGKAIAN DALAM WEB / JARINGAN

. 3.16.2008





THE ROUTER









The Router ialah Sistem yang digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan ATAU Perangkat yang berfungsi dalam komunikasi WAN atau menghubungkan dua network yang berbeda ATAU Menempati layer 3 pada sistem layering OSI ( network) sehingga memiliki kemampuan routing atau pengalamatan paket data baik secara static atau dinamik.


Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan.







ROUTER SWITCH







Router Switch ialah perangkat jaringan yang bekerja dilapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar.





FIREWALL









Firewall ialah Dinding pembatas atau Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan. Satu komputer atau sistem yang mengatur lalu lintas jaringan, baik yang masuk atau keluar, untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Diantaranya berfungsi sebagai suatu pembatas untuk mencegah orang luar memasuki jaringan lokalnya atau sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generik yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke Internet dan juga tentu saja jaringan korporat di dalamnya, maka perlindungan terhadap aset digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker, pelaku spionase, ataupun pencuri data lainnya, menjadi esensial ATAU Firewall adalah sebuah sistem yang didesain untuk mencegah akses dari pihak yang tidak berhak (unauthorized) menuju atau dari jaringan lokal. Firewall dapat diimplementasikan, dalam bentuk hardware, software, atau kombinasi keduanya. Firewall digunakan untuk mengendalikan aliran data tertentu. Semua data yang masuk atau keluar jaringan harus melewati firewall, yang akan memeriksa setiap paket apakah cocok atau tidak dengan kriteria/aturan yang ada pada standar keamanan yang didefinisikan dalam firewall.





TCP PACKET







TCP Packet ialah Protokol yang terdiri dari sub-protokol, yang beroperasi pada lapisan yang berbeda yang merupakan standar protokol internet. Protokol ini memberikan nomor unik pada setiap komputer yang terkoneksi. Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. TCP/IP harus dapat bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan. TCP berfungsi sebagai pengontrol alur data (Flow Control) dan menghandle pengiriman packet, termasuk bila terjadi kerusakan (Recovery from Lost Packets).





PING OF DEATH







Ping Of Death ialah Serangan yang mengirim paket permintaan echo ICMP berukuran terlalu besar (PING) dengan tujuan membuat buffer masukan pada mesin tujuan mengalami kelebihan beban dan akhirnya membuat mesin tersebut macet ATAU Ping of Death merupakan suatu serangan (Denial of Service) DoS terhadap suatu server/komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Serangan ini memanfaatkan fitur yang ada di TCP/IP yaitu packet fragmentation atau pemecahan paket, dan juga kenyataan bahwa batas ukuran paket di protokol IP adalah 65536 byte atau 64 kilobyte. Penyerang dapat mengirimkan berbagai paket ICMP (digunakan untuk melakukan ping) yang terfragmentasi sehingga waktu paket-paket tersebut disatukan kembali, maka ukuran paket seluruhnya melebihi batas 65536 byte.

1 comments:

Anonim mengatakan...

msih bingung neE.......... :-o

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

My Yahoo Messanger



ID :r.ibnu

My FrIenDstEr

f4bregaz.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com