6.14.2008

Macam-macam Topologi Jaringan

. 6.14.2008

Topologi Star
Beberapa simpul / node dihubungkan dengan simpul pusat/host, yang membentuk jaringan fisik seperti bintang, semua komunikasi ditangani langsung dan dikelola oleh host yang berupa mainframe komputer.

Topologi Hierarki
Berbentuk seperti pohon bercabang yang terdiri dari komputer induk(host) dihubungkan dengan simpul / node lain secara berjenjang. Jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengatur kerja jenjang dibawahnya (bercabang ke bawah)

Topologi Bus
Beberapa simpul / node dihubungkan dengan jalur data (bus). Masing-masing node dapat melakukan tugas-tugas dan operasi yang berbeda, namun semua mempunyai hierarki yang sama.

Topologi Tree
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat.. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer

Topologi Ring
Secarta tidak langsung, topologi ini berbentuk seperti cincin. Bentuk ini merupakan gabungan dari bentuk topologi loop dan bus, jika salah satu simpul / node rusak, maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node yang lain karena terpisah dari jalur data. Node-node yang lain masih akan saling terhubung.

Topologi Mesh
Topologi jaringan ini merupakan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1; n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.
ni yang ke 2

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

My Yahoo Messanger



ID :r.ibnu

My FrIenDstEr

f4bregaz.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com