JUDUL BUKU :
20 PROYEK ELEKTRONIKA SEDERHANA UNTUK KOMPUTER K 81 & SPECTRUM.
DITULIS OLEH :
STEPHE ADAMS
RANGKUMAN
Diagram-diagram rangkaian adalah sebuah rangkaian yang
merupakan penyusun jalur-jalur listrik dan menunjukkan komponen-komponen serta cara menghubungkannya.
Penyolderan merupakan pekerjaan menghubungkan atau
penyambungan dua titik sambung pada sebuah komponen.
Cara-cara menghindari kesalahan-kesalahan pada waktu
penyolderan pada soket ;
• Jangan on-kan catu daya yang menghubungkan komponen.
• Pakailah solder yang berdaya rendah (15 watt) & memiliki ujung solder yang kecil.
• Bersihkan tembaga oksida yang terkumpul pada ujung solder , setelah itu lapisilah dengan timah agar solder memiliki konduksi panas yang baik.
• Taruhlah besi solder yang panas pada suatu tempat penyangga dari besi dan lepaskan dari hubungan listrik setelah anda memakainya.
• Pakailah kawat solder yang kecil agar lebih mudah dipakai & menghindari kemungkinan hubungan singkat.
• Bersihkan kedua ujung komponen dengan amplas & lapisilah dahulu dengan timah.
• Tempelkan besi solder pada kedua permukaan yang akan disolder pada waktu yang bersamaan & berikanlah kawat solder pada tempat tsb.
• Lepaskan besi solder & kawat solder secara bersamaan.
• Soderlah soket & pemasangan IC dilakukan setelah soket telah disolder.
• Setelah selesai menyolder titik sambung, potong sisa kawat pada tempat paling dekat dengan titik sambung.
Proses mengirim sinyal ke dan dari ZX81 melalui perangkat INTERFACE.
Interface adalah terminal Input/Output, yang terdiri dari
beberapa Chips yang terdiri dari beberapa chips yang berfungsi
mengirim data & menyediakan untuk perangkat-perangkat luar.
• Jumlah data maksimum pada chips yang dapat disimpan ialah 8 bit, yang terdiri dari 8 jalur kawat yang betegangan +5 volt (biner) atau 0 volt (biner 0).
• Untuk menyatakan keadaan operasi READ/WRITE (output), ZX81 mengeluarkan 2 sinyal Not Write (WR) & Not Read (NR) dan tidak mengganggu input/output.
• Address ialah perangkat yang dipakai untuk tempat yang memudahkan anda mengumpulkan dan mengirim data dan jalur untuk address adalah A0-A15 yang merupakan jalur bagi ZX81 untuk berhubungan dengan port anda.
• Kategori pertama memerlukan routine kode mesin khusus yang tertulis supaya bisa mendapatkan data dari dan ke terminal.
• Kategori kedua adalah teminal memory MAPPED yang diperlukan sebagai bagian dari RAM. Itu bisa di PEEK (Peralihan dari terminal ke program) atau di POKE (Peralihan dari program ke terminal).PEEk dan POKE adalah perintah-perintah Basic dan dapat dilibatkan Dalam program & dalam bentuk PEEK 16396, POKE 16396, 255.
20 Proyek Utama ;
1. Pencatu Daya Utama D.C.
Pencatu dayateregulasi 5 volt dan +12 volt berfungsi untuk mengoperasikan IC & lampu-lampu petunjuk.
D.C (Direct Currant) adalah sebuah tegangan arus yang searah
Transformator ialah komponen yang terbesar dan terberat. Transformator tidak akan bekerja pada tegangan arus D.C selalu bergerak dari terminal positif ke terminal negatif & tak pernah berubah arahnya.
IC Regulator tegangan berfungsi untuk meratakan variasi tegangan output 5 volt atau 12 volt sehingga fluktuasinya berkisar beberapa mili volt, mencegah terjadinya hub. Singkat yang dapat merusak komponen pencatu daya.
Kapasitor 0.1 F berfungsi untuk mencegah terjadinyakejutan tegangan darirangkaian yang dihubungkan pada regulator.
2. Monitor untuk Input/Output
Monitor terdiri atas LED yang dikemudikan oleh IC 7400 dari
terminal Output & saklar-saklar yang dihubungkan ke terminal Input.
Rangkaian-rangkaian Logika yang diperlihatkan pada IC adalah gerbang-gerbang NAND.
Rangkaian-rangkaian Logika hanya dipergunakan sebagai INVERTER. Karena Output berlawanan dengan Input gerbang NAND.
Termianal Input dihubungkan dengan saklar-saklar yang kecil berupa blo-blok yang khusus dibuat pada PCb & tiap susunan delapan saklar hanya menempati sekitar satu inci ruang yang tersedia.
Jika Anda tidak memiliki penghubung ke jalur input,coba operasikan PEEK atau READ dari jalur terminal (metode ini bergantung pada terminal Anda sendiri) & Anda harus mengambil bilangan255.
Susunlah kombinasi biner pada Input dengan memakai saklar, dan akan diperagakan dalam bilangan-bilangan biner yang diperoleh dari terminal dengan memakai bahasa BASIC.
Masalah pada konstruksi monitor adalah menempatkan jalur-jalur terminal pada tempat yang benar.
Semua terminal yang diberikan pada buku telah diberi tanda dengan IN atau OuT & dengan bit yang akan dipakai (B0-B7).B0 adalah bit yang terendah.
Kaki KATODA biasanya ditandai dengan kaki yang lebih pendek, dan pada bagian dalam plastik akan terlihat lempengan yang lebih besar.Setelah Anda memeriksa dan yakin bila soket telah dipasang dengan benar,maka IC boleh dipasang.
3. GERBANG UNIVERSAL
Maksudnya adalah untuk mendemonstrasikan model dari sebuah gerbang LOGIKA, ZX81 dapat memanfaatkan gerbang tersebut untuk tujuan-tujuan yang Anda inginkan.
ZX81 akan menentukan apa yang terjadi pada Output,jika Output memiliki biner 1, maka LED akan dinyalakan.
Dengan menggunakan ZX81 untuk mengoperasikan gerbang logika, maka jaringan kerja yang sulit dapat diperolek antara Input dan Output.
Resistor bernilai 200ohm memiliki fungsi membatasi arus yang melewati LED dan jalur Output.
Subroutine berfungsi sebagai INVERT dari hasil, yaitu bila X=1 dihasilkan X=0, dan bial X=0 dihasilkan X=1.
Semua program akan diatur pada bagian ZX81 dengan kapasitas 1 K.
4. KONTROL PEREKAM KASET
Berfungsi untuk memperlihatkan cara ZX81 mengontrol relai
Read yaitu memisahkan kerja peralatan kontrol dariperalatan yang akan
dikontrol dan catu daya yang diberikn pada kedua peralatan tersebut bisa
berbeda.
Kerja rangkaian ini adalah Bit 0 pada jalur output beralih ke biner 1 dengan bantuan gerbang Invert yang akan men-set output dari gerbang ketegangan 0 volt.Pada ujung kumparan terdapat 0 volt, arus mengalir dari kumparan melalui jalur +5 volt dan menutup saklar,penutupan saklar menghidupkan motor kaset sehingga siap untuk LOAD dan SAVE.
5. TONE-MINI
Salah satu kelemahan ZX*! Ialah tidak memiliki fasilitas untuk
menghasilkan suara sesuai dengan game dan efek suara lainnya. Proyek ini memanfaatkan chip,satu isolator nada yang dapat di on dan di off pada terminal output.Dan hanya 1 bit yang dipakai, yang lainnya bisa dipakai untuk mengontrol masalah lainnya.
Jika ingin menggnti pengeras suara bisa dengan menggunakan
earphone..
6. KEYPAD NUMERIK UNTUK SPECTRUM ZX81-PET-VIC
Keypad ZX81 terdiri dari sebuah matrik dari saklar-saklar yang
masing-masingdihubungkan dengan jalur address dan SATU jalur Input
data.
Keyboard pada Sinclair terbuat dari tiga lapisanplastik tipis,dan
pendek sekali jarak gerak atas dan bawah dari tombol-tombol ini (0.1
inci).
7. PERRAGA TUJUH SEGMEN RAKSASA
Peraga ini merupakan versi raksasa dari peraga tujuh segmen
yang dipakaipada kalkulator saku, dan apabila disusun pada papan akan menghasilkan sebuah peraga dengan ketinggian lebih dari satu feet.
Rangkaia ini memakai pencatu daya +12 volt/ memakai baterai.
Selain itu peraga ini juga memudahkan memperagakan sistem pencatatan otomatis pada peraga yang cukup besar untuk dilihat.
8. PAPAN ANGKA
Tujuan proyek ini ialah untuk menunjukkan cara ZX81 untuk
mengambil keputusan pada kejadian-kejadian luar.Input ke komputer
berupa 3 saklar, 2 tombol tekan dan 1 tombol saklar biasa.
Ketiga saklar ini dipakai untuk memonitori kejadian-kejadian
misalnya; pintu terbuka, mengontrol ketinggian air tertentu. Dan terdapat
3 tombol untuk membentuk angka,1 tombol untuk menambah atau
mengurangi dan kembali lagi ke angka semula.
9. RODA KEBERUNTUNGAN
Proyek ini menghasilkan versi komputerdari pemutar roda
keberuntunganyang umumnya terdapat di tempat hiburan. Sebagai
penunjuk jarum dipakai 16 LED yang akan mengelilingi lingkaran.
Pemenang adalah orang yang telah menetapkan LED mana yang
merupakan tempat berakhirnya hitungan. Dan dengan fasilitas RAM
PACK 16K,ZX81 mampu mencantumkan nma para pemenang pada layar.
10. KONVERTER ANALOG KE DIGITAL
Perangkat ini sering disebut A/D dan sangat berguna untuk
mengukur besaran-besaran yang diperlukan. Selain itu rangkaian
ini dipakai sebagai dasar untuk proyek-proyek lain
Routine kode merupakan mesin yang dapat dicapai kecepatan
yang setara dengan konvetor A/D komersial dan dari segi biaya murah.
11. LIGHT PEN
Alat ini sangat berguana untuk banyak kegunaan, mulai dari
membaca KODE-KODE BAR,membaca pilihan-pilihan pada layar,dan
mengubah warnanya.
12. SHIFT LOCK UNTUK KEYBOARD
SHIFT LOCK berguna untuk tunggal dengan keyboard.
Untuk mengetik angka ataupun huruf yang tidak membutuhkan
shift maka kunci UNLOCK harus ditekan untuk memulihkan keyboard
normal.
13. SEBUAH TERNONETER MURAH
Termometer ini terbuat dari 2 LED kuning sebagai sensornya.
ZX81 yang ditambahi A/D, membuat termometer ini memiliki
instrumen yang sangat sensitif dengan pembagian 6 skala /derajat celcius
14. MASING-MASING TOMBOL UNTUK GRAFIK-FUNGSI-EDIT-RUBOUT
Empat proyek ini benar-benar memberikan pengoperasian 2 kunci
yang paling bermanfaat,bagi keypad sinclair,pd 4 tombol tunggal dan merupakan perpaduan kombinasi jalur data keyboard dan jalur address.
15. PENGHUNI YANG DAPAT BERPINDAH-PINDAH
Proyek ini adalah tiruan dari seseorang yang ada di rumah &
tidak dapat dilakukan oleh peralatan elektronik lainnya.
Unit ini mahal harganya tetapi sederhana pembuatannya&
emberikan manfaat yang besar juga
16. Volmeter yang berkomputerisasi
Alat ini adalah alat yang digunakan untuk pengukuran tegangan.
Alat ini hampir sama dengan KONVERTOR A/D.
17. ALAT TANDA BAHAYA TAK TERKALAHKAN
Alat ini memberi tahu secara tepat dan cepat akan adanya suatu
bahaya.
18. PENCATU DAYA SIAP PAKAI
Proyek ini digunakan untuk/ saat penjamuan-penjamuan
petunjukkan dan bahkan untuk camping. Dan membantu untuk menghilangkan kesalahan-kesalahan fluktuasi arus.
19. FILTER PENYALUR
ilter penyalur merupakan komponen yang penting di dalam
nstalasi komputer dari mulai ZX81 yang paling sederhana sampai pada
IBM 60 Mb.
ilter ini berfungsi untuk menghentikan berbagai macam
gangguan-gangguan dalam induktansi yang besar maupun terkecil.
Namun bagaimanapun juga,filter TIDAK dapat mengatasi
Fluktuasi besar dalam tegangan untuk waktu yang lebih dari beberapa
milidetik.
20 PEMERIKSAAN LOGIKA
Test ini berfungsi untuk melihat kondisi rangkaian berbiner 1 atau biner o, dengan menyalanya LED MERAH atau LED BIRU.
Selin itu, test ini bisa untuk menguji setiap rangkaian logika termasuk ZX81 tanpa mempengaruhi pengoperasiannya.
TERMINAAL INPUT /OUTPUT
Satu kekurangan pada komputer Sinclair adalah kurangnya terminal .
Proyek ini digunakan untuk memudahkan anda dalam sebuah pemakaian sinyal kontrol pada mikroprosessor.
0 comments:
Posting Komentar