10.28.2008

SoftPerfect Network Scanner: Memetakan Jaringan dengan Sebuah USB

. 10.28.2008



Aplikasi pemindai jaringan yang baik akan menelusuri jaringan yang diminta dan menampilkan informasi lengkap sesuai kebutuhan kita. SoftPerfect Network Scanner dapat melakukannya dengan baik, terlebih lagi aplikasi ini bersifat portable hingga mudah dibawa-bawa dengan USB Flash Disk.

Keunggulan lainnya dibandingkan aplikasi sejenis adalah ukurannya yang kecil, hanya 679 KB. Aplikasi kecil ini menampilkan data jaringan dalam bentuk yang mudah dipahami dan dapat melihat lebih dari sekedar nama dan alamat jaringan. Mari kita lihat lebih dalam lagi fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi ini.

Softperfect dapat melakukan pencarian standar untuk mendeteksi protokol standar yang dipakai pada jaringan. Memilih Options dan Auto Detect Local IP Range di menubar akan memerintahkan SoftPerfect untuk memeriksa semua IP yang aktif di jaringan di mana komputer Anda berada. Untuk membatasi jangkauan IP yang dipindai, ketik alamat IP awal dan akhir pada kotak IP Range klik Start scanning.

 


Jika SoftPerfect menemukan shared folder di jaringan, Anda dapat mengkliknya untuk membuka folder atau menambahkannya sebagai hard disk virtual di komputer Anda. Melakukan klik pada ikon komputer/PC juga akan memberikan opsi untuk mengakses berbagai layanan yang dimiliki komputer seperti HTTP, FTP dan Telnet. Fungsi-fungsi lain yang sangat bermanfaat seperti mendeteksi alamat MAC dan workgroup komputer dapat dilakukan melalui Options -> Program options (Ctrl + O).

Fitur-fitur lainnya:
  • Ping ke komputer
  • Tidak membutuhkan hak akses administrator
  • Mendeteksi shared folder yang disembunyikan (biasanya tidak terlihat pada jaringan) dan memanipulasinya
  • Mendeteksi alamat IP internal dan eksternal
  • Mencari dan mendeteksi port TCP dan layanan SNMP
  • Melakukan mount dan menjelajahi sumber daya jaringan
  • Menyimpan hasil pencarian ke format HTML, XML, CSV, dan TXT
Fungsi yang paling bermanfaat dari semua yang telah disebutkan di atas adalah tab aplikasi. Di sini kita bisa menetapkan program yang ingin kita pakai untuk mengakses layanan yang tersedia pada komputer lain. Contohnya apabila Anda menggunakan PuTTY untuk akses SSH, Total Commander untuk mengakses file, klik New dan isi detil aplikasi dan klik pada sistem untuk mengaktifkannya.



SoftPerfect merupakan aplikasi yang berguna untuk pengguna yang ingin menemukan alamat IP dalam jaringan DHCP di mana alamat IP komputer-komputer yang ada selalu berubah, atau admin jaringan yang selalu ingin tahu/memeriksa keadaan semua komputer dalam jaringan.

Aplikasi ini tersedia gratis untuk Windows 95, 98, ME, NT, 2000, XP, Server 2003, Vista dan Server 2008. Baik 32-bit maupun 64-bit. (via Lifehacker)

2 comments:

Trialler mengatakan...

mas saya dah lama menggunakan software ini. saya menggunakan xp sp2. dah beberapa minggu ini saya tidak bisa mengakses shared2 file yang seharusnya terdetect oleh software ini. apakah ada perubahan setting di xp saya ya? soalnya mulai tidak bisa mendetect saat saya pakai avira. sekarang saya dah saya uninstall tapi masih ga bisa kedetect. apakah antivirus bisa memblok penggunaan software ini? sekarang saya pakai norton versi trial. terus bagaimana solusinya ya? (sampai sekarang dalam kantor saya, cuma kompter saya ini yang tidak bisa masuk groups yang ada, padahal setup network sudah dilakukan berulang kali) mohon jawabannya diattachment ke email saya (moh.irfandi@gmail.com)

terimakasih banyak sebelumnya

fande

Anonim mengatakan...

mas kemaren aq dah download software ini di kantor aku,truz aku mo pake remote shutdown nya,tapi malah ga bisa,apa harus punya akun dulu yah?balaz ke mail aku ya mas : richardo_lie@yahoo.com

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

My Yahoo Messanger



ID :r.ibnu

My FrIenDstEr

f4bregaz.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com